GAMBAR ALAM SEMESTA

Posted by ilham On Selasa, 22 Februari 2011 1 komentar
Di pagi hari kita melihat matahari terbit di ufuk timur kemudian tengelam di ufuk barat, malamnya kita melihat bulan ditaburi bintang yang kecil berkelap kelip dan kadang kita bisa melihat bintang yg jatuh.

pernahkah kita berfikir sebesar apakah matahari, bulan, bumi dan bintang. dulu orang hanya bisa menduga duga tapi sekarang dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi semua bisa dilihat. marilah kita lihat perbandingan bumi, planet, matahari dan bintang-bintang berikut......


Ini merupakan gambar tata surya kita dan bumi merupakan planet ke-3 setelah merkurius dan venus.



Gambar diatas adalah perbandiangan bumi dengan planet lainnya dalam tata surya kita dan bumi merupakan planet paling besar no 5 setelah jupiter, saturnus, uranus dan neptunus.



Ini perbandingan dalam tata surya kita, jauh sekali perbedaan besar bumi dengan matahari yang merupakan benda langit terbesar dalam tata surya kita. Apakah ada lagi yg lebih besar dari matahari.....





Dua gambar diatas menunjukkan bahwa matahari masih kecil dibandingkan bintang bintang yang lainnya dan juga kalah terang dan panasnya di banding bintang-bintang tersebut.


Gambar diatas merupakan galaksi bimasakti dimana bumi dan tata surya kita berada ( tanda panah )


Gambar diatas merupakan Atlas daerah seluas 50000 tahun cahaya (Peta galaksi). Peta satu ukuran penuh galaksi Bima Sakti – sebuah galaksi spiral paling sedikit memiliki dua ratus miliar bintang. Matahari kita dimakamkan jauh di dalam Lengan Orion sekitar 26 000 tahun cahaya dari pusat. Di bagian tengah Galaxy bintang-bintang ini berkumpul rapat daripada bintang-bintang disekitar kita. Perhatikan juga adanya gugus bola kecil dari bintang-bintang yang terletak dengan baik di luar bidang Galaxy, dan perhatikan juga keberadaan galaksi kerdil terdekat – yang kerdil Sagitarius – yang terlihat seolah-olah secara perlahan akan ditelan oleh pusaran galaksi kita.


Gambar diatas adalah Radius terjauh semesta yang teramati. (14 Milyar tahun cahaya)
Tentulah sampai ada batasnya manusia mampu mengamati. Saat ini manusia hanya mampu mengamati hingga radius 14 milyar tahun cahaya. Namun tidak menutup kemungkinan akan lebih luas lagi.

Peta ini mencoba untuk menampilkan seluruh Alam Semesta yang terlihat manusia di bumi. Galaksi-galaksi di alam semesta cenderung untuk berkumpul menjadi lembaran yang luas dan superkluster galaksi sekitarnya lubang (void) besar alam semesta memberikan penampakan selular. Karena cahaya di alam semesta hanya bergerak pada kecepatan tetap, kita melihat benda di tepi alam semesta ketika masih sangat muda sampai 14 miliar tahun yang lalu.
Berapa jumlah bintang dan galaksi yang manusia perkirakan di alam semesta ini ?
Jumlah superkluster = 10 juta
Jumlah kelompok galaksi = 25 miliar
Jumlah galaksi besar = 350 milyar
Jumlah galaksi kerdil = 7 triliun
Jumlah bintang = 30 miliar triliun (3×10 ² ²)

Luasnya alam semesta tak bisa di fikirkan manusia, kalau kita melihat gambar-gambar diatas diatas kita ini bagaikan sebutir pasir dibumi. begitu besar dan maha kuasanya sang Pencipta yang menciptakan alam semesta ini, marilah kita lihat di Al-Quran :

Dalam Al-Quran surat Al-Anbiya (surat ke-21) ayat 30 disebutkan:

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?"


surat As-Sajdah (surat ke-32) ayat 4 yang artinya:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ مَا لَكُم مِّن دُونِهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا شَفِيعٍ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ

"Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa..."

1 komentar to GAMBAR ALAM SEMESTA

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.