MITOS-MITOS YANG SALAH MENGENAI KESEHATAN DI MASYARAKAT

Posted by ilham On Sabtu, 06 November 2010 0 komentar


1. Menaburkan kopi pada pusat bayi agar cepat kering

Pada beberapa kasus yang ditemukan dirumah sakit pada pasien tetanus orang tua atau keluarga pasien menaburkan kopi pada tali pusat bayi. seperti kita ketahui pusat bayi baru lahir merupakan luka yang rawan dengan infeksi dan apabila ditaburi dengan kopi yang tidak steril akan menimbulkan infeksi apalagi tertutup dengan bubuk kopi maka saluran udara tidak bisa masuk keluka dan ini sebagai tempat yang bagus untuk hidup clostridium tetani kuman penyakit tetanus yang anaerob.

2. Mengoleskan bawang pada anak panas supaya suhunya turun

Banyak pasien panas kejang masuk rumah sakit dengan bau bawang pada badannya ini membuktikan bahwa bawang tidak menurunkan panas. kita tau bawang memberikan efek panas jika dioleskan, apalagi orang yang panas tinggi dioleh bawang. sudah panas ditambahin panas apa yang terjadi timbulah kejang. alangkah baiknya berobat ke klinik, rumah sakit atau dokter. atau kalau cukup ringan bisa di kasih obat penurun panas dan kompres.

3. Kalau anak panas tidak boleh mandi

Di masyarakat sering ditemukan anak yang panas tidak boleh mandi karena takut panasnya masuk kedalam. padahal mandi justru dapat menurunkan panas dengan konduksi dan evaporasi, juga mencegah timbul masalah baru kesehatan. coba bayangkan kalo 1 minggu panas satu minggu juga gak mandi maka badan akan bau karena keringat dan kuman juga akan timbul gatal gatal dan penyakit kulit lainnya.

4. Kalo sering makan ikan akan cacingan

Dulu sering kita dengar karena hidup yang sulit jadi kalo ada anak yg minta tambah ikan akan dibilang nanti kamu cacingan. padahal ikan kaya akan protein dan asam esensial yg diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. mudah mudahan sekarang gak ada lagi yg mengatakan banyak makan ikan akan cacingan.

Mungkin hanya 4 saja dulu yg bisa ditulis, kalau ada penambahan, saran dan kritik silahkan tulis di komentar.......
Terima kasih...............

0 komentar to MITOS-MITOS YANG SALAH MENGENAI KESEHATAN DI MASYARAKAT

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.